Posted by: gwgendutloh | July 25, 2008

The Dark Knight

“why so serious”

Bicara soal film,biasanya tagline itu hanya merupakan kata-kata atau kalimat dalam poster atau trailer yang ditampilkan untuk memperkuat kesan film tersebut sehingga orang yang melihat bisa penasaran, terkesan dan akhirnya tertarik untuk menonton film yang dimaksud. Tagline bisa juga merupakan rangkuman cerita dalam filem yang dimangpatkan dalam satu kalimat pendek, memberi suatu gambaran kecil dari film, apa itu misteri, lucu, romantis dsb yang ujung2nya sama juga menambah daya tarik film tersebut. Tapi bagaimana kalo tagline menjadi kata kunci dari sang tokoh dalam film dan tervisualisasikan ke dalam keseluruhan film? Anda harus menyaksikan film Batman paling baru ini untuk bisa melihat itu.

The Dark Knight

Seriously, menurut gw ini merupakan the best superhero comic movie ever dari segi cerita. Apa yang
ditawarkan film ini sangat menarik dan berbeda dari film2 sejenisnya. Mungkin gw akan menyorotinya dari segi visual, treatment cerita, acting, dan kesan yang tersampaikan bagi penonton -dalam hal ini gw-. Ok, kita mulai:

  • Visual: Say goodbye to superhero movie looks. Keseluruhan film ini meniadakan visualisasi seperti film2 superhero umumnnya. Atmosphere dan ambiance dalam film ini benar-benar dibuat dengan pendekatan film action biasa. Pada Batman Begins Christoper Nolan (sutradara) masih memberikan visualisasi ala film superhero, contoh kecilnya: coba perhatikan desain set kota gotham, di Batman begins masih terlihat usaha membuat desain imaginary dari kota fiktif gotham sedang di dark knight gw jamin kalau batman dan joker tdk muncul kita pasti menyangka kota di film itu bisa kota non fiktif mana saja. Itu memang contoh kecil saja, agak susah gw mendeskripsikan ke kata kata kalau mau menjelaskan lebih jauh mengenai look ini, harus head to head komparasinya dengan film sejenis hehehehe. Tapi apa hal ini jelek? kalo menurut gw sih justru sebaliknya, visualisasi seperti ini ternyata sangat mendukung ceritanya itu sendiri. Ga tau knp, jenis visualisasi dari seri Batman arahan Tim Burton yang jadi favorit gw, jadi kerasa ga penting di sini, ga seperti seri Batman ala Joel Schumacher dimana gw jadi kecewa berat karena visualisasinya.
  • Treatment cerita: Masih seperti pada Batman Begins, Chirstoper Nolan tetap membawa The DarkKnight dengan pendekatan humanis..mmm.. lebih humanis malahan kalo gw perhatikan lebih jauh lagi sperti gmn dia terluka gigitan anjing hehehe simpel banget sih tp bener2 diliatin kalo setelah kejadian itu dia meminta Lucius membuat desain kostum baru..dan u know what desain kostum barunya selesai tetap dengan keuntungan dan kekurangan barunya…ga ada yg sempurna. Tapi di luar sisi penekanan yg lebih humanis, the dark knight benar2 di treatment menjadi sebuah film action triller yang bener-bener bisa bikin gw merinding. Untuk yang satu ini akting brilliant almarhum Heath Ledger benar2 sukes menebar kengerian dalam film ini. 4 jempol deh buat dia, dan dengan kualitas akting seperti itu kita bakal dibuat menyesal pada kematian dia, kita ga bisa meliat dia berakting seperti itu lagi. Dalam pembahasan film ini dengan temen2 gw, kita sepakat bahwa memang di film ini kalau saja batman diganti oleh misalnya jacky chan atau bruce willis, kita tetap bisa mendapatkan suguhan film yang menarik karena seperti gw jelasin sebelumnya, di film ini kita melihat batman bukan sebagai seorang “jagoan super”.
  • Kesan: Merinding ‘bo. jenis merinding yang berbeda pada waktu gw nonton Superman Return. Kalau di Superman Return gw merinding karena faktor historis dan kenangan masa kecil (bukan dari cerita), dalam The Dark Knight gw merinding karena cerita dan akting pemainnya. Udah pernah liat trailernya film ini lengkap dengan editan scene Joker yang mengucapkan hanya “why so serious?” nonton film ini karena di filmnya kata2 itu meluncur bukan sebagai intonasi, tapi sebagai bagian dari cerita masa mudanya dia waktu joker meng-intimidasi lawannya..dan percaya deh biar tdk menggunakan penekanan waktu mengucapkan kalimat itu…jadinya far more creepy. Tagline film ini bener2 sukses tervisualisasikan dalam film ini, gw ga mau ngebahas scene2nya karena terlalu banyak nanti takut jadi spoiler buat yg blom ntn…pokonya sorry to say deh, kalo gw mo jujur, Batman The Dark Knight ini memang filmnya joker dan Heath Ledger.

Last word…film ini sangat worth to watch, buat Nolan sang sutradara, dia udah bawa Batman pada level seperti ini so kalo mo bikin kelanjutannya lagi hopefully setidaknya sama lah levelnya..nah kalo buat sutradara2 lain yg mo mencoba peruntungan di seri Batman gw cuman bisa bilang…gud lak deh, kasian kalian udah dapet standarisasi film Batman berkualitas dari Tim Burton dan Chirstoper Nolan..hihihi

-fade to black

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: